Rabu, 02 Oktober 2013

UNSUR - UNSUR KEBUDAYAAN




Kebudayaan sudah sangat melekat pada diri kita semenjak kita kecil mungkin semenjak kita masih di dalam kandungan ibu pun, ibu kita menerapkan kebudayaan tersebut. Kebudayaan ini bisa meliputi tentang kepercayaan, adat istiadat atau kebiasaan, hukum,seni, moral, tingkah laku, pikiran, perasaan dan juga reaksi. Mungkin dari kita sudah menerapkan beberapa dari kebudayaan tersebut bahkan hamper semua umat manusia di Indonesia memiliki kebudayaan nya masing – masing.
Kebudayaan dalam artian luas dapat di artikan sebagai keseluruhan sistem gagasan dan tindakan manusia yang berhubungan erat dengan masyarakat, ada di masyarakat, di buat oleh masyarakat dan untuk masyarakat atau dimiliki masyarakat secara turun temurun dari generasi ke generasi. Dalam artian sempit, kebudayaan dapat di artikan sebagai bagian dari istilah budaya yang mengandung system gagasan dan tindakan manusia. Dapat di simpulkan bahwa kebudayaan hadir dari sekelompok masyarakat yang saling berinteraksi dan bereaksi menghasilkan suatu budaya yang baru.
Dalam kebudayaan juga terdapat unsur – unsur kebudayaan. Dimana unsur – unsur ini merupakan bagian dari suatu kebudayaan. Menurut Kluckhohn ada tujuh unsur dalam kebudayaan universal, yaitu sistem religi dan upacara keagamaan, sistem pemikiran, sistem organisasi kemasyarakatan, sistem mata pencaharian hidup dan sistem ekonomi, sistem teknologi dan peralatan, bahasa dan kesenian. Untuk lebih jelasnya di jelaskan macam beserta uraian nya.
1.       1. Sistem kepercayaan (sistem religi) mencakup upacara keagamaan, sistem ini merupakan homo religious. Karena adanya rasa takut terhadap suatu kepercayaan yang luhur dan mengakui adanya kekuasaan yang Maha Kuasa dan Maha Besar maka lahirlah suatu sitem kepercayaan atau religi yang membuat manusia menjadi taat akan suatu kaum, budaya, dan keagaaman nya yang diwujudkan dalam system religi dan upacara keagamaan. Kita harus menyadari bahwa tidak ada zat yang melebihi hak Allah. Allah lah yang menciptakan pemikiran dan dasar dari berbagai kebudayaan kita. Jadi kita harus menetapkan Allah sebagai unsure pertama dari kebudayaan. Karena tanpa adanya pertolongan dari Allah kita tidak akan menemukan dasar pemikiran apapun.
2.       2. Sistem Pemikiran, system pemikiran ini adalah dimana seorang manusia mampu menafsirkan apa itu budaya dengan akal yang dia miliki. Manusia mempunyai penafsiran yang memang hanya manusia saja yang mampu karna diberi akal. Dan tentu harus di sampaikan agar yang lain mengerti.
3.      3. Sistem organisasi kemasyarakatan. Setiap pemikiran tentu saja memiliki kekurangan. Mempunyai banyak lubang yang seharusnya di isi sehingga menjadikan nya sempurna. Kita perlu berfikir bersama untuk menemukan penafsiran yang pas mengenai kebudayaan. Bukan sendirian melainkan dalam suatu organisasi masyarakat agar hasil lebih sempurna.
4.       4. Sistem mata pencaharian hidup dan sistem ekonomi. Kebudayaan tidak akan pernah tercipta jika di suatu tempat tidak memiliki struktur perekonomian yang kuat. Karena perekonomian yang kuat berdampak kepada pemikiran pada otak kita. Otak kita membutuhkan energy untuk berfikir. Energi di dapat dari asupan makanan yang kita makan. Jika perekonomian kita lemah maka asupan makanan yg kita makan tidak teratur sehingga berdampak pada pola pikir kita.
5.       5. Sistem teknologi dan peralatan. Sistem ini timbul karena kreativitas manusia untuk membuat suatu barang yang baru yang di inginkan nya. Jadi untuk memenuhi kebutuhan hidup dan membedakan nya dengan makhluk – makhluk lain adalah kreativitas. Inilah salah satu faktor yang maha sempurna di miliki oleh manusia.
6.       6. Bahasa, baik lisan maupun tulisan. Bahasa manusia pada mulanya diwujudkan dalam bentuk tanda (kode) yang kemudian disempurnakan dalam bentuk bahasa lisan dan akhirnya menjadi bahasa tulisan. Bahasa itu sendiri merupakan suatu alat komunikasi yang universal dan harus universal agar seluruh dunia paham dan mengerti maksud tertentu.
7.       7. Kesenian, baik seni rupa, seni suara, maupun seni lainnya. Setelah manusia dapat mencukupi kebutuhan fisiknya maka manusia perlu dan selalu mencari pemuas untuk memenuhi kebutuhan psikisnya. Selain untuk memenuhi kebutuhan psikis manusia tentang keindahan. Maka lahirlah kesenian. Kesenian sendiri seperti lukisan, nyanyian, tarian dll. Semakin indah atau bagus maka kita akan semakin puas.

Dapat di simpulkan bahwa unsur-unsur kebudayaan yang membentuk struktur kebudayaan ini tidak dapat berdiri lepas dengan lainnya karena kebudayaan bukan hanya sekedar jumlah dari unsur-unsurnya saja, melainkan keseluruhan dari unsur-unsur tersebut yang saling berkaitan erat yang membentuk kesatuan yang harmonis. Masing – masing unsure ini salig memiliki timbal balik dalam kehidupan berbudaya. Namun untuk sekarang ini sudah jarang dari kita – kita yang tidak terlalu memperhatikan unsur – unsur kebudayaan tersebut. Maka dari itu bagaimanakah cara kita untuk mempopulerkan kebudayaan Indonesia? Sekilas penjelasan dibawah ini.
1.       1. Sosial Media. Lewat social media atau sering kita sebut sosmed banyak anak remaja atau mungkin dari yang muda sampai yang tua menggunakan social media. Di social media lah kita bisa sharing tentang kebudayaan ini. Seperti di facebook, twitter, blog, kaskus dll. Ribuan orang akan membaca. Namun agar lebih tertarik lagi ceritakan dengan bahasa sendiri mungkin di sebut ‘bahasa gaul’ bahasa inilah yang mungkin akan melekat bagi pembaca social media.
2.       2. Blog. Lewat blog kalian bisa menshare foto dan video tentang kebudayaan kebudayaan Indonesia.
3.       3. Ajaklah teman teman mu membuat fanspage di facebook atau grup di twitter, line dan wasap untuk saling sharing bareng.
4.       4. Buatlah permainan yang mengilhami dari kebudayaan ini. Contohnya tebak-tebakan gambar tentang kebudayaan, menyanyi atau menarikan sebuah kebudayaan dalam unsure kesenian dll sekreativ mungkin
5.       5. Sebarkanlah semangat melestarikan budaya! Inilah yang harus di tanamkan setiap manusia di Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar