Rabu, 23 Oktober 2013

RANGKUMAN TUGAS ISD



Rangkuman Unsur-Unsur Kebudayaan
·         Kebudayaan dalam artian luas, sebagai keseluruhan sistem gagasan dan tindakan manusia yang berhubungan erat dengan masyarakat, ada di masyarakat, di buat oleh masyarakat dan untuk masyarakat atau dimiliki masyarakat secara turun temurun dari generasi ke generasi.
·         Kebudayaan dalam artian sempit, sebagai bagian dari istilah budaya yang mengandung system gagasan dan tindakan manusia.
·         7 unsur kebudayaan menurut Kluckhohn yang universal, yaitu sistem religi dan upacara keagamaan, sistem pemikiran, sistem organisasi kemasyarakatan, sistem mata pencaharian hidup dan sistem ekonomi, sistem teknologi dan peralatan, bahasa dan kesenian.
·         1. Sistem kepercayaan (sistem religi) mencakup upacara keagamaan, sistem ini merupakan homo religious. Karena adanya rasa takut terhadap suatu kepercayaan yang luhur dan mengakui adanya kekuasaan yang Maha Kuasa dan Maha Besar maka lahirlah suatu sitem kepercayaan atau religi yang membuat manusia menjadi taat akan suatu kaum, budaya, dan keagaaman nya yang diwujudkan dalam system religi dan upacara keagamaan.
·         Sistem Pemikiran, system pemikiran ini adalah dimana seorang manusia mampu menafsirkan apa itu budaya dengan akal yang dia miliki.
·         Sistem organisasi kemasyarakatan. Kita perlu berfikir bersama untuk menemukan penafsiran yang pas mengenai kebudayaan. Bukan sendirian melainkan dalam suatu organisasi masyarakat agar hasil lebih sempurna.
·         Sistem mata pencaharian hidup dan sistem ekonomi. Kebudayaan tidak akan pernah tercipta jika di suatu tempat tidak memiliki struktur perekonomian yang kuat.
·         Sistem teknologi dan peralatan. Sistem ini timbul karena kreativitas manusia untuk membuat suatu barang yang baru yang di inginkan nya.
·         Bahasa, baik lisan maupun tulisan.
·         Kesenian, baik seni rupa, seni suara, maupun seni lainnya.
·         Argumen beberapa cara untuk mempopulerkan kebudayaan Indonesia:   1. Sosial Media, 2. Blog,   3. Ajaklah teman teman mu membuat fanspage di facebook atau grup di twitter, line dan wasap untuk saling sharing bareng, 4. Buatlah permainan yang mengilhami dari kebudayaan ini,    5. Sebarkanlah semangat melestarikan budaya!

Rangkuman Peran Keluarga dalam Pembentukan Individu dalam Peranan Sebagai Anggota Masyarakat
·         Individu adalah seorang manusia perseorangan dalam satu kesatuan yang utuh memiliki pola pikirnya sendiri yang tak bisa kita ukur dan pikir.
·         Keluarga berasal dari bahasa Sansekerta: kula dan warga “kulawarga” yang berarti “anggota” “kelompok kerabat”. Keluarga adalah sekelompok orang yang mendiami dan tinggal dalam satu atap rumah saling bertimbal balik dan memiliki hubungan darah yang erat. Keluarga inti terdiri dari ayah, ibu dan anak.
·         Masyarakat atau society dapat di artikan sekelompok orang yang berkumpul dan bekerja sama dengan menggunakan pikiran, naluri, perasaan, keinginan dengan saling bereaksi satu sama lain dan saling berinteraksi dengan lingkungan nya.
·         “Keluarga memiliki peranan utama didalam mengasuh anak, di segala norma dan etika yan berlaku didalam lingkungan masyarakat, dan budayanya dapat diteruskan dari orang tua kepada anaknya dari generasi-generasi yang disesuaikan dengan perkembangan masyarakat.” (Effendi, et al., 1995)
·         Peran keluarga sangatlah penting dalam pertumbuhan dan karakter seorang anak. Mulai dari cara dia menirukan kegiatan orang tuanya, caranya bicara, bersikap, perilaku terhadap yang lain, sifat dan karakter sangat melekat pada peran penting keluarga. Seorang anak pastinya membutuhkan kasih sayang dan perhatian orang tuanya. Tidak ada yang bisa menggantikan rasa sayang seorang ibu kalau bukan ibu kandung nya sendiri. Karena dalam keluarga lah kita dapat mengukur terdidiknya kehidupan kita bagi bangsa dan negara. Keluarga merupakan awal permulaan seorang anak untuk terjun kedunia yang sangat global dan luas yaitu masyarakat. Sehingga banyak peranan keluarga dalam kehidupan kita yang sewajarnya harus dilakukan para keluarga. Arti sangat penting disini adalah wajib. Dimana kewajiban orang tua untu mendidik anaknya menjadi individu yang baik sehingga kelak ketika dia dewasa didikan orang tua akan terus tertanam dalam dirinya menjadi pribadi yang baik logika maupun hati.

Rangkuman Percampuran Budaya di Masyarakat
·         Budaya, yaitu berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia
·         Budaya adalah pola pikir, ide dan gagasan yang hanya terdapat di Indonesia dan memiliki ciri khas, keunikan, keanekaragaman yang menjadikan landasan dalam berkehidupan di Indonesia.
·         Akulturasi adalah proses sosial yang timbul apabila terjadi percampuran dua kebudayaan atau lebih yang saling bertemu dan saling memengaruhi.
·         Mekanisme percampuran unsur kebudayaan asing: 1. Mudah diterima (Berwujud konkret, Memiliki banyak kegunaan bagi si pemakai, Flexibel/luwes) 2. Sulit diterima (Berwujud abstrak, Hanya memiliki sedikit kegunaan bagi si pemakai, Tidak luwes), 3. Sukar diganti (Memiliki fungsi, Sudah di tanam sejak kecil), 4. Individu yang sukar dan cepat menerima kebudayaan asing (Sebagai contoh yang mudah menerima kebudayaan asing dapat dilihat dari umur, anak muda cepat menerima kebudayaan asing sedangkan yang sudah tua sudah sukar menerima kebudayaan asing tersebut,  Sudah menerima kebaikan dari masyarakat akan sulit menerima kebudayaan asing)
·         5. Bentuk percampuran kebudayaan, Menurut para antropolog, percampuran terjadi dalam berbagai bentuk sebagai berikut:
a.       Substitusi
b.      Sinkretisme
c.       Penambahan (Addition)
d.      Penggantian (Deculturation)
e.      Originasi
f.         Penolakan (Rejection)
·          Dampak Positif
a.       Negara kita bertambah maju dengan kita meniru kerja kerasnya, pola berfikirdan kedisiplinan
b.      Maju dalam bidang iptek karna jajahan bangsa lain
c.       Dengan adanya globalisasi memudahkan kita untuk memperkenalkan kebudayaan kita ke Negara lain
d.      Timbul budaya baru
e.      Adanya percampuran budaya yang unik dari bangsa lain
·         Dampak Negatif
a.       Semakin berkurang rasa cinta terhadap tanah air
b.      Semakin terkikisnya budaya asli Indonesia
c.       Memperkikis rasa nasionalis pada generasi muda
d.      Lupa akan identitas diri orang Indonesia karna semakin banyak yang meniru gaya aliran barat
e.      Rasa cinta pada produk dalam negeri semakin berkurang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar