Sabtu, 16 November 2013

Studi Kasus

Seks Bebas Remaja SMA

                  Gejala umum yang biasa terjadi pada remaja SMA  ini dalam pergaulan bebas yang sekarang marak dilakukan dengan pacarnya adalah seks bebas yang disebabkan beberapa factor diantaranya :
1.      Karena seorang anak yang kurang kasih sayang dari orang sekitarnya dan juga karena lingkungan dimana dia bergaul
2.      Pengaruh dari orang-orang sekitarnya
3.      Rasa ingin tahu yang besar dan kesalahan dalam memilih teman di indikasi sebagai penyebab utama dalam hal ini

                  Hal-hal tersebut menimbulkan gejala kepada orang yang melakukan seks bebas tersebut sebagai contohnya adalah seperti berikut ini :

1.      Seorang Pelaku tersebut menjadi sangat liar dan lupa pada dirinya sendiri
2.      Seorang Pelaku sex bebas akan menimbulkan rasa kecanduan pada dirinya sendiri karena terdapat efek kecanduan
3.      Seorang pelaku sex cenderung akan melawan atau menentang sesuatu yang tidak dia inginkan
4.      Seorang Pelaku Sex Remaja cenderung menghabiskan waktu dengan orang yang setuju dengan perilakunya

                  Hal pertama melakukan observasi ini adalah dengan membuat suatu rumusan catatan tentang efek dan dampak yang ditimbulkan dari penyimpangan perilaku Remaja SMA yang sekarang sudah menjadi kebiasaan umum bagi remaja yang sedang berpacaran. Memanglah tidak semua Remaja SMA melakukan itu. Dalam sebuah penelitian, menyebutkan berpacaran sebagai proses perkembangan kepribadian seorang remaja karena ketertarikan antar lawan jenis. Namun, dalam perkembangan budaya justru cenderung permisif terhadap gaya pacaran remaja. Akibatnya, para remaja cenderung melakukan hubungan seks pranikah.
                  Berdasarkan penelitiannya, perilaku remaja laki-laki dan perempuan hingga cium bibir masih sama. Akan tetapi, perilaku laki-laki menjadi lebih agresif dibandingkan remaja perempuan mulai dari tingkatan meraba dada. Seks pranikah yang dilakukan remaja laki-laki pun dua kali lebih banyak dibandingkan remaja perempuan.
                  Terdapat beberapa hal-hal yang dapat dilakukan kita lakukan untuk menanggulangi masalah ini antara lain :
1.      Dengan mengadakan penyuluhan ke lembaga-lembaga sekolah dan masyarakat tentang bahaya seks bebas serta akibat yang sangat membahayakan, tujuan dari penyuluhan ini agar mengurangi seks bebas dikalangan remaja SMA karena seks bebas kebanyakn lakukan oleh kalangan remaja atau Usia produktif yang rasa ingin tahunya sangatlah besar.
2.      Melakukan bimbingan secara manual terhadap Guru juga Orang Tua remaja sehingga orang tua dan  guru sebagai orang-orang yang dekat dengan mereka dapat juga membantu mengawasi dan memberi pengarahan terhadap putra-putri mereka.
3.      Memberi ilmu agama yang cukup dengan cara mengikutkan mereka dalam suatu acara islamiyah yang memungkinkan mereka dapat mempertebal iman mereka sehingga rasa untuk menjaga dirinya akan timbul dari mereka sendiri.
4.      Memberikan Pendidikan Seks Bagi Remaja. Pendidikan seks berusaha menempatkan seks pada perspektif yang tepat dan mengubah anggapan negatif tentang seks. Dengan pendidikan seks kita dapat memberitahu remaja bahwa seks adalah sesuatu yang alamiah dan wajar terjadi pada semua orang, selain itu remaja juga dapat diberitahu mengenai berbagai perilaku seksual berisiko sehingga mereka dapat menghindarinya.
 

1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill seperti

    - http://www.gunadarma.ac.id
    - http:/studentsite.gunadarma.ac.id
    - http://www..baak.gunadarma.ac.id

    untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    BalasHapus